3 Makanan Serat yang Mudah Dijumpai

3 Makanan Serat yang Mudah Dijumpai

Halo apa kabar Anda hari ini? Apakah hari ini menyenangkan? Atau bahkan membosankan? Hehe jangan khawatir karena semua masalah akan terselesaikan pada waktunya seperti cinta yang indah pada waktunya. Apa kabar semangat tahun baru ini? Sudahkah Anda belanja bulanan untuk mengisi kulkas yang mulai kosong? Hehe kalau belum pas sekali mungkin artikel ini bisa membantu Anda untuk menambahkan daftar belanjaan yang harus dibeli. Nah apakah Anda pernah atau bahkan familiar dengan kata serat? Serat sudah bukanlah kandungan yang baru dalam makanan bahkan sering disebut-sebut karena sangat baik dalam melancarkan pencernaan bahkan menjadi sebuatn makanan khusus orang diet hehe. Nah sebelum masuk ke inti jangan lupa siapkan camilan sebelum berperang. Biskuit kelapa sepertinya cukup untuk kali ini.

1. Makanan serat yang mudah dijumpai yang pertama yaitu kacang-kacangan

Kacang-kacangan bukan berarti kacang palsu atau kacang dari plastik hehe kacang-kacangan yang dimaksud disini adalah sekelompok sayuran kacang seperti kacang merah, kacang tanah dan kacang yang lainnya, bukan dikacangin loh ya. Kacang-kacangan mengandung banyak serat. Menurut ahli gizi, kacang hitam dan kacang merah merupakan salah satu sumber serat terbaik. Anda bisa mendapatkan sekitar 15 g serat atau lebih per 1 cangkir penyajian. Nah meskipun terkadang sepele dan dianggap tidak penting ternyata kacang-kacangan ini sangat baik untuk tubuh Anda loh meskipun kehadirannya terkadang hanya menjadi hiasan makanan atau tambahan toping dalam es krim. Apakah Anda penyuka kacang-kacangan? Wah selamat Anda selama ini sudah mengkonsumsi serat dengan baik. Namun jangan lupa selalu pastikan kalori yang masuk dalam tubuh Anda karena terlalu banyak mengkonsumsi kacang-kacangan juga bisa menyebabkan rematik dan asam urat. Kacang-kacangan sangat mudah ditemui di toko-toko dekat rumah maupun supermarket. Bahkan jika Anda malas keluar rumah Anda bisa berbelanja melalui online market praktis kan?

2. Makanan serat yang mudah dijumpai yang kedua yaitu sayuran berdaun hijau

Nah apa yang Anda pikirkan tentang sayuran berdaun hijau? Hulk?? Bukan ya. Sayuran berdaun hijau adalah segala macam sayuran yang memiliki daun hijau yang biasa diolah menjadi masakan. Nah apa saja itu? Bisa bayam, kangkung, keningkir, daun ketela serta masih banyak sayuran berdaun hijau lainnya. Sayuran berdaun hijau adalah sumber makanan yang kaya akan zat besi, beta-karoten dan serat. Menurut para ahli gizi, sayuran hijau seperti bayam, lobak hijau, dan bit hijau, merupakan sumber serat terbaik. Satu cangkir penyajian mengandung 4 sampai 5 g serat. Pernahkah kalian menolak semangkuk sup lobak? Wah kalian akan menyesal setelah mengetahui informasi yang satu ini. Sayuran berdaun hijau sangat mudah ditemui disekitar kita bahkan tak jarang yang menanamnya dipekarangan rumah karena proses tumbuh dan perawatannya yang mudah. Selain sebagai hiasan pekarangan, konsumsi pribadi juga bisa menghemat biaya pengeluaran belanja untuk sayurab loh.

3. Makanan serat yang mudah dijumpai yang ketiga yaitu jagung

Siapa yang tidak suka dengan jagung? Sepertinya hampir semua orang menyukai makanan ini apalagi kalau sudah diolah menjadi jagung rebus, jagung bakar bahkan popcorn. Jagung mengandung banyak antioksidan. Sekitar setengah cangkir biji jagung, mengandung 2 gram serat. Popcorn (tanpa garam atau bumbu) juga merupakan makanan sumber serat, dengan sekitar 3,5 gram serat per tiga cangkir penyajian. Namun pastikan dulu cara mengolahnya benar dan penyajiannya yang tidak menggunakan banyak pemanis buatan dan toping ya. Kalau yang Anda konsumsi adalah jagung manis dengan lelehan keju ditambah susu kental manis dan cokelat itu akan dipertanyakan lagi tingkat kesehatannya. Bahkan mungkin kadar gula yang ada di dalamnya tidak baik untuk tubuh Anda. Jagung sangat mudah ditemukan dimana saja bahkan harganya juga sangat murah.

Nah itu dia beberapa makanan serat yang mudah dijumpai dan wajib ada dalam belanja bulanan kalian. Harganya pun sangat terjangkau sesuai dengan gizi yang ditawarkan didalamnya. Jadi kapan mulai membeli makanan-makanan ini untuk mengganti makanan tidak sehat Anda?