3 Sumber Serat yang Diakui Khasiatnya dalam Dunia Kesehatan

3 Sumber Serat yang Diakui Khasiatnya dalam Dunia Kesehatan

Mungkin sudah banyak yang tahu berkaitan dengan sumber serat yang memiliki berbagai macam manfaat di dunia kesehatan. Sehingga, kebanyakan orang pula menginginkan manfaat tersebut untuk dijadikan sebagai upaya mempertahankan kesehatan melalui mengonsumsi makanan berserat sebagai salah satu caranya. Nah, jika Anda hendak menjadi seorang yang juga menginginkan manfaat dari serat tersbeut, tentunya Anda juga harus mengetahui apa saja sumber serat itu bukan? Maka dari itu di bawah ini akan disajikan berkaitan dengan sumber serat yang tentunya diakui khasiatnya dalam dunia kesehatan. Yuk simak penjelasannya.

3 Sumber Serat yang Diakui Khasiatnya dalam Dunia Kesehatan

1. Sumber Serat yang Berasal dari Minuman Yoghurt

Yougurt ternyata juga termasuk salah satu sumber serat yang kaya akan manfaat. Salah satu manfaat yougurt minuman berserat adalah mampu menurunkan tekanan dalam darah. Seperti halnya dengan fungsi yang ada dalam serat pada umumnya ternyata yougurt juga mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa yoghurt yang dikonsumsi secara rutin 2-3 porsi sehari akan menurunkan tensi darah orang dewasa hingga 50% dibanding dengan yang tidak mengonsumsinya.

2. Sumber Serat yang Berasal dari Sayuran

  • Wortel

Wortel merupakan jenis sayur yang juga berperan sebagai sumber serat di samping namanya yang terkenal dengan kandungan vitamin A yang ada di dalamnya. Sehingga wortel juga tidak kalah pentingnya dengan sayuran lain dalam menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam gangguan penyakit yang mengancamnya.

  • Sayur Brokoli

Sayuran brokoli ini juga ternyata mengandung serat dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Yaitu dapat mencapai 5,4 gram per cangkir. Bahkan sayur brokoli juga mengandung zat penting lainnya seperti mineral, zat besi, antioksidan, vitamin c, dan bahkan juga memiliki keunggulan lain yaitu rendah kalori dan lemak sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

  • Syur Buncis

Selanjutnya terdapat sayur buncis yang merupakan sayuran tinggi serat namun rendah lemak. Dan tentunya dengan takaran lemak yang rendah juga berpotensi memiliki dampak positif untuk Anda yang sedang menjalankan program diet bukan?

3. Sumber Serat yang Berasal dari Buah

Dan yang ketiga terdapat sumber serat yang berasal dari berbagai macam jenis buah-buahan. Sebagai contohnya adalah beberapa jenis buah-buahan berikut.

  • Buah Pir

Buah pir juga terkenal akan khasiatnya dalam menjaga kesehatan Anda yang berkaitan dengan kebutuhan serat di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah pir ini maka Anda akan merasa cepat kenyang sehingga baik pula untuk orang yang sedang menjalankan program diet karena buah pir merupakan ssalah stau sumber serat yang diakui khasiatnya di dalm dunia kesehatan.

  • Buah Alpukat

Selain buah pir, selanjutnya terdapat buah alpukat yang juga merupakan salah satu sumber serat yang memiliki banyak manfaat. Buah alpukat ini ternyata mengandung serat yang cukup tinggi yakni 6,7 gram per ons. Alasan tersebut lah yang membuat kandungan serat di dalam alpukat juga dapat dikatakan tidak kalah dengan sumber serat lainnya karena memiliki jumlah serat yang tinggi.

  • Buah Pisang

Kemudian terdapat sumber serat berikutnya yang berasal dari kalangan buah-buahan bernama buah pisang. Tahukah Anda bahwa buah yang satu ini mengandung 2,6 gram per ons serat di dalamnya. Hal ini pula yang membuat pisang menjadi salah satu buah yang sering di buru ketika seseorang mengalami gangguan kesehatan berkaitan dengan kekurangan serat. Karena, selain buah yang satu ini mudah di dapat, pisang juga tergolong pada buah yang memiliki harga cukup terjangkau lho…

  • Buah Strawberry

Sedangkan jenis yang akan dibahas di poin terakhir terdapat buah strawberry. Di mana buah strawberry ini memiliki kadar serat 2 gram per ons dan juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk mencegah gangguan penyakit di dalam tubuh Anda yang berkaitan dengan kebutuhan serat.