5 Makanan Enak dengan Serat yang Tinggi

5 Makanan Enak dengan Serat yang Tinggi

Halo apakabar Anda semua? Apakah sehat-sehat saja? selalu jaga kesehatan ya karena musim hujan identik dengan flu dan batuk pastinya. Untuk menjaga kesehatan tentunya dibutuhkan makanan yang bergizi untuk menambah daya tahan dalam tubuh pastinya. Nah makanan yang mengandung serat dan gizi tinggi ternyata mampu menambah kekebalan dalam tubuh terhadap penyakit yang menyerang loh. Nah pas banget kali ini kita akan membahas 5 makanan dengan rasa enak namun memiliki kadar serat yang tinggi untuk tubuh. Sebelum masuk ke inti jangan lupa siapkan amunisi secangkir kopi panas cukup untuk menghangatkan tubuh dari cuaca dingin di luar ruangan yang sedang hujan dengan derasnya.

1. Makanan enak dengan serat tinggi yang pertama yaitu alpukat

Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi mengenai rasa yang lembut pekat dari buah ini. Seolah-olah daging buahnya terasa lumer di dalam mulut tanpa permisi. Berbeda dengan makanan berserat tinggi lainnya, alpukat yang mengandung 6.7 gram per ons juga memiliki kandungan lemak yang tinggi lho. Tapi, lemak pada alpukat justru merupakan lemak yang sehat lho, jadi bisa kita makan tanpa perlu khawatir soal berat badan. Alpukat juga mengandung zat-zat bergizi lainnya lho seperti vitamin C, potassium, magnesium, vitamin E, dan vitamin B kompleks. Nah paket lengkap untuk kesehatan kan pastinya. Apalagi kalau sudah diolah menjadi pelengkap susi atau sekedar es alpukat tanpa gula pasti akan lebih segar dan membuat tubuh bugar.

2. Makanan enak dengan serat tinggi yang kedua yaitu pisang

Pisang? Siapa yang tidak tahu pisang? Siapa pula yang tidak suka dengan buah yang berwarna kuning ini. Rasanya yang manis dan membuat kenyang sering digunakan dalam campuran susu dan es krim. Buah yang satu ini lebih terkenal sebagai sumber potasium untuk tubuh. Tapi, pisang sebenarnya juga berserat tinggi lho, yaitu sebanyak 2.6 gram per ons. Nggak hanya itu, pisang juga mengandung vitamin B6 dan C yang bermanfaat menjaga kesehatan kita. Kalau kita mengalami kram ketika olahraga, buah ini juga bisa mengurangi kram lho. Wah paket lengkap juga kan buah yang satu ini? Selain rasanya yang sudah tidak usah diragukan lagi ternyata serat yang ada di dalamnya juga tinggi.

3. Makanan enak dengan serat tinggi yang ketiga yaitu brokoli

Siapa yang tidak doyan dengan brokoli? Sayuran hijau yang enak meskipun hanya direbus saja? nah ternyata sayuran yang satu ini memiliki kandungan serat yang tinggi loh. Nggak hanya mengandung 5.4 gram serat per cangkir, brokoli juga mengandung banyak zat-zat bergizi lainnya seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B kompleks, asam folat, potasium, zat besi, antioksidan dan protein lho. Nah si hijau ini kaya akan manfaat kan selain serat yang tinggi di dalamnya.

4. Makanan enak dengan serat tinggi yang keempat yaitu kacang edamame

Memang tidak perlu dipungkiri lagi kalau kacang-kacangan memang memiliki serat yang tinggi dan bagus untuk kesehatan salah satunya adalah kacang edamame. Kacang yang terkenal di Jepang ini sebenarnya merupakan kacang kedelai yang belum matang lho. Tapi, makanan yang populer dimakan dengan cara direbus ini bernutrisi banget lho. Selain serat yang banyak, kacang edamame juga mengandung protein, vitamin K, thiamine, dan riboflavin. Kacang ini juga bermanfaat mencegah osteoporosis dan kanker lho. Anda penyuka kacang edamame ini? Selamat Anda menyukai makanan yang super sehat.

5. Makanan enak dengan serat tinggi yang kelima yaitu strawberry

Si merah yang asam manis ini ternyata juga banyak kandungan seratnya loh. Sangat baik untuk kesehatan Anda. Buah yang satu ini memiliki kadar serat yang lumayan tinggi lho, yaitu 2 gram per ons. Selain itu, kalori dan kandungan lemaknyanya juga rendah sehingga cocok banget untuk kita yang sedang berusaha mengurangi berat badan. Strawberry juga mengandung banyak banget zat lain yang bermanfaat buat tubuh seperti vitamin C, mangan, potasium, dan antioksidan. Keren kan?

Nah itu dia beberapa makanan enak dengan serat yang tinggi. Anda suka yang mana?