Jenis Makanan Sehat yang Harus Ada dalam Menu Sehari-hari

Jenis Makanan Sehat yang Harus Ada dalam Menu Sehari-hari

Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Tetapi terkadang masyarakat masih belum bisa membedakan jenis makanan sehat itu seperti apa. Ditambah lagi beberapa iklan produk makanan yang harganya relatif lebih mahal ikut mengembel-embeli produknya dengan label makanan sehat.

Makanan sehat adalah makanan yang bergizi dan seimbang karena tubuh memerlukan berbagai macam asupan nutrisi. Nutrisi dibutuhkan tubuh agar kinerja tubuh tetap seimbang dan pertumbuhan tidak terganggu. Makanan sehat adalah makanan yang memenuhi slogan 4 sehat 5 sempurna. Tidak harus mahal, makanan sehat hanya perlu mengandung beberapa kandungan berikut ini:

  1. Karbohidrat

Karbohidrat memiliki peran penting dalam memberikan energi pada tubuh. Tanpa energi, tubuh tidak dapat menjalankan aktifitas sehari-hari. Mengingat betapa pentingnya kebutuhan energi dalam tubuh, manusia perlu memperhatikan makanan apa saja yang dapat memasok kebutuhan tersebut. Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi, jagung, dan pisang.

Nasi, jagung, dan pisang adalah contoh mudah makanan sehat yang mudah didapat oleh siapapun. Nasi putih bahkan menjadi makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. 100 gram beras yang sudah menjadi nasi menghasilkan karbohidrat sebanyak 28 gram. Dan 100 gram jagung terdapat 25 gram karbohidrat. Sedangkan pada pisang, yang berukuran sedang mengandung sekitar 26 gram karbohidrat.

  1. Protein

Jenis makanan sehat yang kedua adalah jenis makanan yang mengandung protein. Protein sangat berguna bagi tubuh dalam rangka membantu pertumbuhan sel-sel, termasuk pembentukan dan pergantian sel-sel tubuh. Seperti yang sudah diketahui, protein yang banyak dikonsumsi saat ini berasal dari dua sumber, yaitu protein hewani dan protein nabati.

Protein hewani merupakan protein yang berasal dari hewan. Protein jenis ini lebih unggul dari yang lainnya tetapi berisiko menimbulkan kolesterol. Contoh makanan yang mengandung protein hewani adalah telur, susu, dan daging unggas. Sedangkan protein nabati merupakan protein yang berasal dari tumbuhan, seperti kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, dan tempe tahu yang terbuat dari kedelai.

  1. Lemak

Ketika mendengar kata lemak mungkin pikiran Anda langsung melayang pada lemak-lemak yang membuat tubuh rentan terkena obesitas. Sebenarnya, lemak juga termasuk ke dalam komponen penting dalam tubuh. Tubuh membutukan lemak sebagai sumber energi. Lemak juga dapat menyerap vitamin A, D, E, dan K. Lemak yang dibutuhkan tubuh adalah lemak tak jenuh atau biasa disebut lemak baik.

Produk-produk makanan yang mengandung lemak baik yang mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah kacang-kacangan, ikan-ikanan, dan buah alpukat. Kacang-kacangan yang dimaksud adalah kacang tanah, kacang kedelai, dan kacang kenari. Jenis ikan-ikanan diantaranya adalah ikan salmon, sarden, dan tuna. Sedangkan pada buah alpukat, sekitar 70%  kandungan buah ini merupakan lemak baik.

  1. Vitamin

Selain karbohidrat, protein, dan lemak, makanan yang sehat juga harus mengandung vitamin. Meskipun penting bagi tubuh, porsi kebutuhan vitamin tidak sebanyak kandungan makanan lainnya. Vitamin dibagi ke dalam dua jenis, yaitu vitamin larut lemak dan vitamin larut air. Vitamin yang dapat larut dalam lemak ialah vitamin A, D, E, dan K. Dan vitamin yang larut dalam air adalah vitamin C dan B.

Vitamin biasanya lebih banyak ditemui pada buah dan sayur. Misalnya, pada buah melon terkandung vitamin C, vitamin B kompleks, dan vitamin K. Sedangkan kandungan vitamin A dapat dijumpai pada wortel. Ada juga vitamin D yang lebih sering dijumpai pada ikan-ikanan seperti ikan salmon, ikan sarden, hingga ikan tuna kalengan. Selain itu, vitamin D juga bisa dijumpai pada susu, jamur, dan kuning telur.

Vitamin terakhir yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin E. Makanan yang mengandung vitamin ini adalah bayam, alpukat, tomat, dan wortel. Makanan-makanan tersebut mudah ditemui di pasar tradisional hingga supermarket. Sayuran dan buah-buahan relatif mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Setelah mengetahui jenis makanan sehat, sekarang waktunya Anda menyesuaikan menu harian di meja makan. Slogan empat sehat lima sempurna dapat dijadikan patokan untuk menyusun menu sehat harian untuk keluarga. Selamat mencoba!