Sudahkah Kebutuhan Serat Anda Terpenuhi untuk Mencegah 3 Penyakit di Bawah Ini?

Sudahkah Kebutuhan Serat Anda Terpenuhi

Selain berbagai macam makanan bergizi, tubuh juga membutuhkan kandungan penting lainnya bernama serat. Kandungan yang satu ini tidak kalah pentingnya dengan kandungan lainnya yang harus dikonsumsi kebanyakan orang sebagai upaya penjagaan kesehatan manusia dapat terpenuhi dengan baik.

Selain berperan sebagai salah satu bahan yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan zat yang dibutuhkan oleh tubuh, kandungan serat di dalam tubuh Anda juga ternyata bermanfaat dalam mencegah beberapa penyakit yang dapat mengancam kesehatan tubuh seseorang. Di antaranya adalah 3 jenis penyakit yang akan kita bahas di bawah ini. Yaitu radang saluran pencernaan, sakit perut, dan juga ambeien.

Namun, sebelum Anda tenang dan yakin sudah terhindar dari 3 penyakit tersebut, sebenarnya cek terlebih dahulu bahwa sudahkah kebutuhan serat Anda terpenuhi dengan baik? Dan sebenarnya apa si serat itu.

PENGERTIAN SERAT

Serat memiliki pengertian sebagai karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh sehingga serat dapat dikatakan sebagai kandungan yang berbeda dengan protein, lemak atau pun karbohidrat biasa yang dapat diserap atau dicerna oleh organ tubuh begitu saja. Sedangkan untuk proses masuknya serat di dalam tubuh hanya dengan dikeluarkan saja dari tubuh melalui anus setelah melalui proses pencernaan pada beberapa organ pencernaannya pula.

Perlu Anda ketahui bahwa serat itu sendiri digolongkan menjadi dua jenis. Yaitu jenis serat yang larut dalam air. Di mana serat ini merupakan jenis serat yang pada umumnya menciptakan gel sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Sedangkan jenis serat berikutnya merupakan serat yang tidak larut di dalam air. Di mana serat yang satu ini dapat menarik air ke dalam feses seseorang. Dengan demikian feses menajdi lebih lunak dan lebih mudah untuk melewati saluran pencernaan pada manusia.

PENUHI KEBUTUHAN SERAT DALAM TUBUH ANDA UNTUK MENCEGAH 3 PENYAKIT DI BAWAH INI

  • Radang Saluran Pencernaan

Tahukah Anda bahwa penyakit yang berkaitan dengan inveksi saluran pencernaan juga dapat diatasi dengan mengonsumsi makan makanan tinggi serat. Dengan demikian kenapa banyak orang berani menyimpulkan, jika kurang makan makanan berserat bisa juga akan membuat orang tersebut mengalami gangguan pencernaan.

Biasanya kekurangan serat identic dengan gangguan penyakit sembelit yang mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Akan tetapi, bukan hanya sembelit atau konstipasi saja yang mengakibatkan sulit buang air besar. Melainkan dengan kurangnya makan makanan berserat juga dapat mengakibatkan iritasi usus, radang usus besar atau diverticulitis, bahkan sampai radang usus rectum atau colitis ulseratif yang mengakibatkan sulit bahkan sakit jika buang air besar.

  • Sakit Perut

Kekurangan serat di dalam tubuh seseorang juga dapat mengakibatkan munculnya rasa sakit perut akibat kondisi tubuh yang tidak mengenakkan. Dan beberapa radang yang di bahas tadi akibat kekurangan serat juga merupakan salah satu pemicu mulai dirasakannya sakit termasuk sakit perut. Selain itu, sulitnya buang air besar tentu juga akan mengakibatkan rasa sakit di perut yang sangat mengganggu bagi penderitanya.

Dengan mengonsumsi serat yang cukup sesuai kebutuhan, maka Anda dapat terhindar dari kondisi ini karena sistem pencernaan terjaga dari radang dan proses pembuangan air besar juga berjalan dengan lancar.

  • Ambeien

Selain dapat mencegah radang saluran pencernaan dan juga sakit perut, mengonsumsi makanan berserat sesuai dengan kebutuhan ternyata juga dapat mencegah penyakit ambeien atau wasir yang juga dikenal sebagai penyakit yang meresahkan penderitanya.

Susah buang air besar yang membuat seseorang memaksakan diri dalam mengeluarkan feses dapat memicu pembuluh darah yang ada di anus akan membesar atau juga merenggang. Dan jika kebiasaan tersebut dibiarkan maka kondisi tersebut tidak dapat kembali seperti kondisi semula. Sehingga mulai dari sini lah seseorang dapat dikatakan sebagai penderita wasir atau ambeien akibat hal tersebut.

Demikian penjelasan berkaitan dengan terpenuhinya kebutuhan serat di dalam tubuh sehingga dapat mencegah 3 jenis penyakit di atas serta penjelasan berkaitan dengan pengertian dari serat itu sendiri. Semoga bermanfaat.